Tuesday, March 22, 2016

Cara Cepat Menghafal Al-Qur'an yang Efektif

Cara Cepat Menghafal Al-Qur'an yang Efektif Pondok Pesantren Ibnu Siena Tasikmalaya
Cara Cepat Menghafal Al-Qur'an yang Efektif - Merupakan suatu kebanggaan tersendiri jika bisa menghafal  Al-Quran, namun itu semua hanya menjadi niatan saja jika kita tidak memulai untuk menghafalnya, terkadang kitapun bingung harus dari mana untuk memulainya. Banyak kalangan yang ingin menghafal al-quran, terutama para pelajar yang masih memiliki daya ingat yang kuat, dan sangat baik digunakan dalam menghafal al-quran. Nah, dalam artikel ini, kami meberitahukan langkah efektif dalam menghafal Al-Quran, semoga bermanfaat.

1. Luruskan Niat Ikhlas Mengahafal Al-Quran karena Allah.
Sebelum kita memulai suatu kebaikan apapun, jika niat awalnya salah, maka kedepepannya pun akan salah, termasuk dalam menghafal Al-Quran. Usahakan sebelum kamu memulai menghafalnya, bersihkan hati dari niat yang menyimpang, misal karena ingin dipuji, karena ingin dikagumi, dan hal-hal yang mengotori niat tersebut sehingga kamu akhirnya tidak ikhlas dalam proses menghafalnya. Setelah kamu Luruskan Niat ikhlas karena Allah, semoga Allah membantumu menjauhkan dari rasa malas dan bosan.

2.Setelah benar-benar meluruskan niat, maka shalat taubatlah dan dilanjut shalat hajat.
Setelah kamu meluruskan niat, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah shalat taubat, maksudnya agar dosa-dosa yang selama ini kamu punya itu  Allah ampuni, sehingga dosa-dosa lampau itu tak mempersulit kamu ketika akan menghafal. Kemudian setelah shalat taubat, dilanjut dengan shalat hajat,  bermohonlah kepada Allah supaya kamu dipermudah dalam proses menghafal Al-Quran.

3. Perbanyaklah Do’a menghafal Al-Quran.
Semakin anda banyak berdo’a semakin Allah suka, maka selama proses menghafal Al-Quran, perbanyaklah berdo’a memohon dimudahkan menghafal Al-Quran. Contohnya bisa berdo’a seperti ini: “Ya Allah berikanlah kepada saya taufik untuk bisa menghafal Al Qur’an, dan berilah saya kekuatan untuk terus membacanya siang dan malam sesuai dengan ridha dan tuntunan-Mu , wahai Yang Maha Pengasih”.

4. Menentukan metode menghafal Al-quran.
Saat akan memulai menghafal Al-quran, ada banyak metode-metode Al-quran yang bisa kamu pakai, pastikan pilihlah metode menghafal yang membuatmu nyaman.

5. Sambil menghafal, perbaiki terus bacaanmu.
Kelak suatu saat jika kamu menjadi imam (bagi pria), tentu kamu ingin saat membaca ayat-ayat Al-quran ketika membacakannya terdengar dengan indah, oleh karena itu pastikan saat memulai menghafal, perbaiki dulu bacaanmu. Namun jika sudah terlanjur menghafal, maka tak ada salahnya juga sambil perbaiki bacaanmu . Ingat, bukan hanya sekedar menghafal, namun menghafal dengan bacaan yang baik dan benar sesuai kaidah yang ada.

6. Milikilah seorang mentor khusus untuk mengontrol hafalanmu.
Agar hafalanmu terkontrol dengan baik, milikilah seorang mentor atau guru ngaji yang siap membenarkanmu dikala salah dalam proses menghafal Al-Quran. Terkadang ketika menghafal sendiri kamu tak tau bacaan mana saja yang salah, sehingga jika tidak dibenarkan itu sangat fatal kesalahannya. Jika tak ada yang membenarkan, mungkin kesalahan itu kamu akan ulangi terus menerus sampai ada orang yang membenarkannya. Nah kenapa harus ada mentor sejak awal? Karena fungsi mentor disini adalah dia siap membenarkan bacaan yang salah, sehingga kalaupun ada yang salah, maka kesalahan itu tak akan terulang lagi.

7. Perbanyak mendengar audio.
Agar bacaan kita baik dan benar, faktor selanjutnya adalah dengan memperbanyak mendengar audio murottal yang sedang kamu hafalkan. ternyata langkah ini cukup efektif untuk bisa memperbagus hafalan, kamu tinggal memilih bacaan syeikh mana yang membuatmu merasa nyaman. Semakin sering kamu mendengar audio, maka besar kemungkinan juga hafalan kamu semakin bagus.

8. Ulangi hafalan sesering mungkin
Sering-seringlah mengulang ayat-ayat atau surat-surat yang sudah di hafal, jangan sampai ketika kamu sudah hafal kamu tidak mengulanginya lagi dalam waktu yang lama, akhirnya saat akan mengulanginya lagi kamu sudah tidak hafal.

9. Saat shalat sunnah itu bisa jadi waktu yang tepat untuk pengulangan hafalan Al-Quran.
Shalat sunnah bisa jadi waktu yang sangat tepat untuk melakukan pengulangan hafalan, karena saat shalat seseorang biasanya sedang dalam konsentrasi tinggi, nah sayang sekali jika momen ini tidak kamu manfaatkan untuk proses mengulang hafalanmu. kebayang jika dalam sehari kamu mengerjakan shalat sunnah total sebanyak 18 rakaat, maka 18 kali pengulangan yang kamu lakukan pada hari itu, tentu ini sangat membantu agar hafalanmu semakin kuat.

10. Gunakan satu jenis mushaf Al-quran untuk kamu menghafal.
Jangan pernah sekali-kali pindah dari satu mushaf ke mushaf lainnya, karena mata kamupun ternyata ikut menghafal. Jika sering pindah-pindah mushaf dalam menghafal, tentu ini sangat menyulitkan mata kamu karena melihat satu ayat dalam berbagai posisi, sehingga hafalanmu pun menjadi buyar.

11. Menghafal itu mudah, menjaga hafalan itu yang belum mudah.
Jangan sampai kamu dalam menghafal Al-Quran, pada awalnya begitu semangat, namun ketika ditengah jalan semangat kamu hilang. Banyak orang yang bisa menghafal Al-Quran dengan begitu cepat, namun sedikit dari mereka yang tetap menjaga hafalannya agar tetap terjaga. Disinilah akan terlihat mana yang istiqomah terus menghafal Al-Quran, dengan yang hanya semangat dan rajin pada awalnya saja. Semoga kita semua termasuk orang yang terus Istiqomah untuk selalu menghafal ayat suci Al-Quran.


ingatlah, imam syafi'i pernah berkata: "ilmu tidak akan diraih oleh jiwa yang santai". Semoga Artikel ini bisa bermanfaat bagi anda, share sebanyak-banyaknya agar banyak orang yang tertarik, terajak, dan semangat dalam menghafal al-qur'an.

=====================================================================
Mencetak generasi muda masa kini menjadi seorang penghafal Al-Qur'an, berfokus kepada program Tahfidh Al-Qur'an beserta Ilmu Pendukungnya seperti : Tahsin, Tajwid, Tafsir , Tata Bahasa Arab dan Ulumuddin lainnya yang diperlukan. Santri di didik dan di arahkan membangun Karakter , Kepribadian dan Spiritual yang Kokoh serta belajar menguasai berbagai Kompetensi yang ingin dicapai sesuai Minat dan Bakat Mereka melalui Test Penelususran Bakat, antara lain : Bahasa Asing (Inggris + Arab ), MS Office, Teknik Presentasi, Digital Marketing, Desain Grafis, Web Development, Teknik Komputer dan Jaringan, Software Development, Tenik Editing Audio Visual, Enterpreneur, Jurnalistik, Menjahit, Kerumahtanggaan, Leadership dan Manajemen, serta Pengembangan Bakat dan Kompetensi Unggul lainnya.


Unknown

About Unknown

The writer and the author of a number of leading newspapers and magazines.

Subscribe to this Blog via Email :